Detail Cantuman Kembali

XML

KAJI EKSPERIMENTAL PEMBAKARAN BRIKET CAMPURAN CANGKANG KAKAO DENGAN SEKAM PADI


Krisis energi menimpa negara Indonesia, ditandai dengan semakin langkanya BBM di tengah-tengah masyarakat. Krisis energi ini juga diperparah dengan produksi minyak bumi Indonesia yang mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Ini dikarenakan bahan bakar minyak (BBM) yang berasal dari fosil semakin menipis dan akan segera habis dalam beberapa tahun mendatang. Oleh karena itu, usaha untuk mencari bahan bakar alternatif yang dapat diperbarui (renewable energy ), ramah lingkungan dan bernilai ekonomis semakin banya dilakukan. Cangkang kakao dan sekam padi belum termanfaatkan sepenuhnya, padahal cangkang kakao dan sekam padi merupakan limbah pertanian yang bis dijadikan briket sebagai bahan bakar.
Proses pembuatan briket diawali dengan cara membuat arang dari cangkang kakao dan sekam padi kemudian arang tersebut dihancurkan. Arang kemudian dicampur dengan perekat tepung tapioka sebagai bahan perekat dan terakhir dilakukan penekanan dengan beban sebesar 10 ton. Faktor perubah yang digunakan dalam penelitian adalah persentase adonan briket terdiri dari cangkang kakao 100%, 90%, 80%, 70%, 60 %, 50% dan sekam padi 0%, 10%, 20%, 30%, 40 %, 50%, serta perekat tepung tapioka yang digunakan adalah 5% dan 10%. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian kadar air, massa jenis, kadar abu, kadar volatile, laju pembakaran dan nilai kalor sebagai karakteristik pembakaran briket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan persentase perekat tapioka akan menyebabkan nilai kadar air, kadar abu dan nilai kalor briket menjadi menurun. Penambahan persentase sekam padi akan meningkatkan nilai
kadar air dan kadar abu pada briket dan menurunkan nilai kalor briket. Nilai karakteristik pembakaran briket terbaik adalah 6,20% untuk kadar air, 11.36% untuk kadar abu, 60,01% untuk kadar volatile, 0,57 g/s untuk laju pembakaran dan 4533 kal/g untuk nilai kalor briket.
Kata kunci : krisis energi, renewable energy, briket, kadar air, massa jenis, kadar abu, kadar volatile, laju pembakaran dan nilai kalor.
Putra Homsin
Homsin, Putra - Personal Name
First Edition
014.24
011.75
Text
Indonesia
2014
Padang
LOADING LIST...
LOADING LIST...