Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH WAKTU EKSPOS ELEKTRODA 6013 TERHADAP KETANGGUHAN IMPAK LOGAM LAS ( ALL WELD METAL )


Jenis elektroda yang dijual di pasaran tergantung kepada kebutuhan kekuatan sambungan. Standar AWS (American Welding Society) dan standar lainnya telah membatasi kekuatan minimum yang harus dipenuhi oleh jenis elektroda tertentu.
Dengan variasi jenis elektroda dan merek elektroda, perlu diketahui secara baik
berapa lama elektroda layak digunakan setelah terekspos udara. Sehingga menjadi
acuan oleh welder di lapangan untuk menghindari terjadinya penurunan ketangguhan pengelasan. Untuk mengetahui pengaruh waktu ekspos terhadap kualitas sambungan
melalui pengujian impak, dilakukan dengan memvariasikan waktu ekspos elektroda E 6013 terhadap 5 variasi waktu ekspos yaitu, pada waktu ekspos 0 jam, 6 jam, 12 jam, 24 jam dan 48 jam. Sedangkan pengujian ketangguhan dilakukan dengan alat uji impak metode charpy yang menghasilkan sudut beta (β). Bentuk dari permukaan patahan diamati menggunakan mikroskop optik stereo untuk melihat jenis patahan dan mengetahui kuantitas porositas yang terjadi terhadap 5 varasi waktu ekspos elektroda e-6013. Harga impak (HI) tertinggi diperoleh pada spesimen waktu ekspos 0 jam yaitu 1,8 joule/mm2. Harga impak terendah diperoleh pada spesimen 48 jam yaitu 0,8 joule/mm2. Penurunan ketangguhan terjadi akibat adanya penggetasan hidrogen, diamati pada bentuk permukaan patahan dengan skala 500 μm pembesaran 1.6 X. Permukaan spesimen 24 dan 48 jam memiliki jenis patah getas dan teridentifikasi terperangkapnya hidrogen pada saat proses pengelasan berlangsung. Terlihat retak akar yang dikelilingi korosi merupakan akibat dari zat asam yang terkandung didalam unsur gas hidrogen. Sedangkan gas oksigen yang terperangkap akan menghasilkan porositas pada hasil lasan. Lama waktu ekspos mempengaruhi banyak kuantitas porositas yang terjadi karena adanya ruang kosong pada atom lasan yang mempengaruhi kualitas hasil sambungan pada hasil pengelasan.
Keywords: Pengelasan, 5 variasi ekspos waktu Elektroda 6013, Uji ketangguhan,
Pengamatan penampang patahan dan porositas
Syariful Asri
Asri, Syariful - Personal Name
First Edition
015.25
011.75
Text
Indonesia
2015
Padang
LOADING LIST...
LOADING LIST...