Detail Cantuman Kembali
PERBANDINGAN NILAI KEKASARAN PERMUKAAN ANTARA PERSAMAAN EMPIRIK DAN EKSPERIMEN PADA PROSES MEMBUBUT MATERIAL BAJA KARBON RENDAH (ST 37)
Dalam industri manufaktur, proses pemesinan dikenal memiliki kelebihan dalam
menghasilkan produk dengan karakteristik permukaan yang baik. Karakteristik
permukaan produk hasil proses pemesinan dinyatakan dalam istilah kekasaran
permukaan (surface roughness). Karakteristik permukaan ini merupakan
informasi yang penting dalam perancangan komponen mesin/peralatan. Ini juga
berhubungan dengan keakuratan dimensi, gesekan, keausan, pelumasan,
ketahanan lelah dan penggabungan dua atau lebih komponen mesin. Secara
empiris, nilai kekasaran permukaan yang dihasilkan melalui proses pemesinan
ditentukan oleh besarnya radius pojok (Nose radius, rε), kedalaman potong (depth
of cut, ap) dan gerak makan yang dipergunakan (feed, f). Akan tetapi dari
beberapa penelitian, ada indikasi parameter kecepatan potong (Vc) juga
berpengaruh terhadap kekasaran permukaan. Oleh karena itu sebuah konfirmasi
diperlukan untuk mempelajari lebih jauh tentang parameter-parameter yang
mempengaruhi nilai kekasaran permukaan pada proses pemesinan. Untuk itu
serangkaian penelitian dengan melihat pengaruh langsung dari masing-masing
parameter utama proses pemesinan terhadap nilai kekasaran permukaan.
Selanjutnya dengan Rancangan Ekperimen Metoda Taguchi L8 dipergunakan
dalam melihat faktor-faktor yang dominan dalam mempengaruhi nilai kekasaran
permukaan secara menyeluruh dari proses pemesinan bubut.
Dari hasil penelitian dan analisa dengan mempergunakan Signal-to-Noise Ratio
dan Analysis of Variances dapat disimpulkan bahwa parameter yang paling
berpengaruh adalah gerak makan dimana kontribusinya di atas 90% pada tingkat
keyakinan 95% (P≤0,05). Hasil ini dapat mengkonfirmasi bahwa hanya gerak
makan yang secara empirik perlu dipertimbangkan dalam pengembangan sebuah
model kekasaran permukaan.
Rahmat Suryadi
Suryadi, rahmat - Personal Name
First Edition
015.101
011.75
Text
Indonesia
2015
Padang
LOADING LIST...
LOADING LIST...







