Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Viskositas Berbagai Minyak Sawit Untuk Oli Peredam Shock Absorber Sepeda Motor


Sepeda motor merupakan kendaraan yang banyak dipakai oleh masyarakat
pada zaman sekarang terutama untuk jalan-jalan yang sempit dengan tingkat
mobilitas yang tinggi. Dalam mengoperasikan sepeda motor banyak kendala yang
dihadapi, salah satunya adalah kendaraan tersebut dioperasikan untuk memasuki
jalan-jalan dengan tingkat kekasaran yang tinggi (off road) dan jalan yang
berlubang serta tidak rata. Oleh karena itu, tingkat kenyaman dan keamanan
perlu dipertimbangkan. Untuk mengurangi getaran dan guncangan, sepeda motor
harus dilengkapi dengan sistem suspensi, salah satunya yaitu shock absorber.
Salah satu yang menjadi kajian tugas akhir ini adalah seberapa besar tingkat
penyerapan gelombang getaran yang diberikan pada suatu bodi sepeda motor
dengan memakai shock absorber dengan memvariasikan viskositas oli
peredamnya.
Pada pengujian ini mengunakan 3 variasi viskositas oli peredam pada shock
absorber dengan beban yang diberikan adalah sebesar 5 kg, 10 kg, 15 kg, dan 20
kg. Oli peredam yang pertama adalah oli shock absorber itu sendiri dengan nilai
viskositas sebesar 1,37 poise, oli peredam yang kedua adalah minyak CPO
dengan nilai viskosias sebesar 1,28 poise dan oli peredam yang ketiga adalah
minyak goreng dengan nilai viskositas sebesar 1,63 poise.
Dari pengujian yang telah dilakukan didapatlah hasil bahwasanya oli
peredam CPO memiliki nilai viskositas yang baik sebagai oli peredam pada
shock absorber. Hal ini dapat terlihat pada grafik penurunan amplitudonya
dimana pada oli CPO grafik penurunan amplitudonya lebih besar dari pada oli
peredam lainnya dan dari nilai rasio redamannya, oli CPO lebih besar dari oli
peredam lainnya.
Kata kunci : Visositas Peredam, Shock absorber, Amplitudo, Rasio Redaman.
Arya Jayeng Rana
Rana, Arya Jayeng - Personal Name
First Edition
015.70
011.75
Text
Indonesia
2015
Padang
LOADING LIST...
LOADING LIST...